Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Pegunungan Arfak

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Pegunungan Arfak . Perkampungan Tumang, Cepogo berada di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke beragam konsumen. Skill mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, alat merebus air, dan sebagainya tapi masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan asesoris hotel, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai menggeliat dgn naiknya orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yakni adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke bogor. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.

Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi tapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mungil semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya akan dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Problem lainnya, ahli Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan harus kreatif dan harus memantau selera prospek. Masa ini AA Gallery nggak hanya menerima orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan asesoris rumah tetapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak hanya satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari sibolga. Dengan modal pengalaman puluhan tahun membuat seni logam, AA Gallery semakin mengerti cara untuk menghasilkan seni logam yang berkualiti dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen puas.